Senin, 13 April 2009

sample

Contoh kalimat (2) jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia mempunyai makna bahwa rumah itu milik tuan Tanaka dan bukan milik siapa pun. Dalam kasus ini, partikel no berfungsi untuk menyatakan kepemilikan. Tetapi pada kalimat (3), Yamada sensei wa Eigo no sensei desu bukan berarti sensei kepunyaan Eigo, melainkan kata Eigo menerangkan sensei. Pada kasus ini, partikel (111) tidak menyatakan kepemilikan melainkan menunjukkan bahwa nomina yang pertama menerangkan yang kedua.
partikel (111) sebagai kakujoshi memiliki fungsi dan makna. Berdasarkan
fungsinya partikel (111) sebagai kakujoshi dibagi menjadi:
1. Dipakai antara dua nomina, menunjukkan bahwa yang pertama memodifikasi yang kedua.
Dalam fungsi ini, partikel (111) sebagai kakujoshi memiliki fungsi untuk menyatakan kepemilikan.
2. Dipakai untuk menggantikan (222) yang berfungsi menunjukkan subjek klausa pelengkap yang menerangkan nomina.
Makna partikel (111) sebagai kakujoshi
Partikel (111) memiliki makna sebagai berikut:
Pada contoh di atas, di lihat dari artinya partikel (111) memiliki makna
asal. Partikel (111) dalam kalimat (49) memiliki arti ‘yang ada di’,
patikel (111) memiliki kedudukan selain sebagai kakujoshi dalam kalimat.
Partikel (111) dalam penggunaannya di dalam suatu kalimat, memiliki kedudukan selain sebagai kakujoshi, yaitu juntaijoshi dan shuujoshi. Kedua jenis dari joshi ini, memiliki fungsi dan makna yang berbeda. Pada umumnya juntaijoshi memiliki kemiripan dengan kakujoshi, sedangkan shuujoshi berbeda dengan kakujoshi. Hal ini dapat dilihat dari pemakaian partikel (111) di akhir suatu kalimat yang memiliki makna berbeda dan beragam.
Berdasarkan uraian di atas, penulis dapat menarik simpulan sebagai berikut:
1. Terdapat beberapa fungsi partikel (111) sebagai kakujoshi dalam kalimat bahasa Jepang, yaitu dipakai antara dua nomina untuk menunjukkan bahwa yang pertama memodifikasi yang kedua, seperti menunjukkan kepunyaan, menunjukkan letak atau tempat, menunjukkan bahwa nomina yang pertama menerangkan yang kedua, dan menunjukkan dua nomina sebagai keterangan tambahan. Kemudian partikel (111) sebagai kakujoshi juga memiliki fungsi yang lain, yaitu untuk menggantikan joshi ga yang berfungsi menunjukkan subjek klausa pelengkap yang menerangkan
2. Di dalam fungsinya, partikel (111) sebagai kakujoshi dapat menjelaskan hubungan antara nomina yang pertama dengan nomina yang kedua sebagai nomina yang diterangkan atau nomina yang menerangkan.
nomina.
3. Partikel (111) sebagai kakujoshi memiliki beberapa makna yang terdapat dalam kalimat bahasa Jepang, seperti menyatakan arti ‘milik atau punya’, menyatakan arti ‘pada’, menyatakan arti ‘dari’, menyatakan arti ‘yang’, dan menyatakan arti ‘yang ada di’.
4. Dalam pemakaiannya, partikel (111) mempunyai fungsi gramatikal dalam kalimat sehingga memiliki makna.
5. Partikel (111) juga memiliki kedudukan selain sebagai kakujoshi, yaitu sebagai juntaijoshi.
6. Selain sebagai juntaijoshi, partikel (111) juga memiliki kedudukan yang lain yaitu sebagai shuujoshi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar